Kuis komunikasi bisnis

Kuis komunikasi bisnis hari ini, jawablah pada kolom komentar blog dengan mencantumkan nama_prodi_semester 1. Apa saja hambatan dalam komunikasi bisnis? 2. Bagaimana komunikasi dikatakan efektif dalam komunikasi bisnis? 3. mengapa komunikasi bisnis dapat mendukung dalam membangun sebuah bisnis? 4. Faktor apa sajakah yang mempengaruhi keberhasilan komunikasi bisnis! 5.Berikan contoh kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diakibatkan oleh perbedaan latar belakang dan perbedaan penafsiran kata-kata! Terima Kasih *) dikerjakan paling lambat 1 hari sebelum pertemuan Minggu depan!

Komentar

  1. Prodi : Manajemen Bisnis Syariah
    Nama : Firman Syah
    NIM : 211702020

    Jawaban nomor 1 : Hambatan komunikasi
    Pengertian Hambatan Komunikasi
    Hambatan komunikasi adalah segala bentuk gangguan yang terjadi dalam proses penyampaian serta penerimaan pesan antar individu, yang umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan fisik, maupun psikis dari individu yang terlibat.
    1. Hambatan Komunikasi Teknis
    2. Hambatan Komunikasi Semantik
    3. Hambatan Komunikasi Manusiawi
    4. Hambatan Komunikasi terkait Kultur Perusahaan

    Jawaban nomor 2 : Komunikasi Efektif
    Efektivitas komunikasi bisnis ini dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya :
    1. Persepsi
    2. Keberhasilan teknologi informasi dan komunikasi
    Di era teknologi ini, efektivitas komunikasi bisnis juga berpengaruh pada komunikasi dalam teknologi informasi. Hal ini mencakup adanya nilai produk dan jenis besar kecilnya manufaktur yang memiliki perbedaan karakteristik sistem informasi yang dibutuhkan.
    Hal ini dikarenakan internet merupakan suatu media komunikasi yang memiliki peranan penting dalam perkembangan bisnis. Perkembangan bisnis tersebut mencakup nilai produk, aktivitas operasional, dan pelayanan jasa. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di dalam internet di antara :
    a. Berbagi data internal.
    b. Rekruitmen.
    c. Mencari partner atau pelanggan.
    d. Mencari informasi luar.
    e. Pembelian peralatan.
    f. Promosi produk.
    g. Fasilitas pelanggan.
    h. Media kolaborasi dengan partner.
    i. Publikasi perkembangan perusahaan.

    3. Ketepatan
    4. Kredibilitas
    5. Pengendalian
    6. Kecocokan

    Jawaban nomor 3 : Peranan komunikasi dalam membangun bisnis
    1. Saling bertukar informasi.
    2. Mempersiapkan rencana dan kebijakan.
    3. Eksekusi rencana dan kebijakan.
    4. Meningkatkan efisiensi karyawan.
    5. Mencapai tujuan.
    6. Memecahkan masalah.
    7. Meningkatkan hubungan industrial.
    8. Mempromosikan barang dan jasa.
    9. Menghapus kontroversi.
    10. Meningkatkan kepuasan karyawan.
    11. Meningkatkan loyalitas.

    Jawaban nomor 4 : Faktor keberhasilan komunikasi bisnis
    1. Pesan yang Gampang Dipahami
    2. Persepsi Positif
    3. Percaya Diri
    4. Tingkat kedekatan
    5. Tidak Terdapat Gangguan Komunikasi
    6. Penggunaan Bahasa yang Sama

    Jawaban nomor 5 : Contoh kesalahan dalam penafsiran kata - kata
    Miscomunikasi karena latar belakang :
    Semisal ada seorang manajer yang merupakan seseorang dari suku lampung meminta Office Boy untuk membeli buah kates (gedang dalam bahasa lampung) di pasar terdekat.
    Setelah pulang OB tersebut kembali dengan membawa pisang (gedang dalam bahasa jawa).

    BalasHapus
  2. Prodi : Manajemen Bisnis Syariah
    Nama : Rizky Ahmad Firdaus
    NIM : 211702017

    Jawaban nomor 1 : Hambatan komunikasi
    Pengertian Hambatan Komunikasi
    Hambatan komunikasi adalah segala bentuk gangguan yang terjadi dalam proses penyampaian serta penerimaan pesan antar individu, yang umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan fisik, maupun psikis dari individu yang terlibat.
    1. Hambatan Komunikasi Teknis
    2. Hambatan Komunikasi Semantik
    3. Hambatan Komunikasi Manusiawi
    4. Hambatan Komunikasi terkait Kultur Perusahaan

    Jawaban nomor 2 : Komunikasi Efektif
    Efektivitas komunikasi bisnis ini dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya :
    1. Persepsi
    2. Keberhasilan teknologi informasi dan komunikasi
    Di era teknologi ini, efektivitas komunikasi bisnis juga berpengaruh pada komunikasi dalam teknologi informasi. Hal ini mencakup adanya nilai produk dan jenis besar kecilnya manufaktur yang memiliki perbedaan karakteristik sistem informasi yang dibutuhkan.
    Hal ini dikarenakan internet merupakan suatu media komunikasi yang memiliki peranan penting dalam perkembangan bisnis. Perkembangan bisnis tersebut mencakup nilai produk, aktivitas operasional, dan pelayanan jasa. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di dalam internet di antara :
    a. Berbagi data internal.
    b. Rekruitmen.
    c. Mencari partner atau pelanggan.
    d. Mencari informasi luar.
    e. Pembelian peralatan.
    f. Promosi produk.
    g. Fasilitas pelanggan.
    h. Media kolaborasi dengan partner.
    i. Publikasi perkembangan perusahaan.

    3. Ketepatan
    4. Kredibilitas
    5. Pengendalian
    6. Kecocokan

    Jawaban nomor 3 : Peranan komunikasi dalam membangun bisnis
    1. Saling bertukar informasi.
    2. Mempersiapkan rencana dan kebijakan.
    3. Eksekusi rencana dan kebijakan.
    4. Meningkatkan efisiensi karyawan.
    5. Mencapai tujuan.
    6. Memecahkan masalah.
    7. Meningkatkan hubungan industrial.
    8. Mempromosikan barang dan jasa.
    9. Menghapus kontroversi.
    10. Meningkatkan kepuasan karyawan.
    11. Meningkatkan loyalitas.

    Jawaban nomor 4 : Faktor keberhasilan komunikasi bisnis
    1. Pesan yang Gampang Dipahami
    2. Persepsi Positif
    3. Percaya Diri
    4. Tingkat kedekatan
    5. Tidak Terdapat Gangguan Komunikasi
    6. Penggunaan Bahasa yang Sama

    Jawaban nomor 5 : Contoh kesalahan dalam menafsirkan pesan karena perbedaan latar belakang :
    Contohnya ketika seorang penjual burung yang latar belakangnya suku jawa menawarkan kepada pembeli yang latar belakangnya orang lampung, si penjual menawarkan manuk(burung) jenis murai batu,lalu si pembeli orang lampung ini kaget dan bertanya apakah ada ayam yang berjenis murai batu, karena bahasa lampungnya manuk adalah ayam.

    BalasHapus
  3. NAMA : SENDIARTO PRASETIYO
    PRODI : KOMUNIKASI BISNIS
    SEMESTER : SEMESTER 4

     Pertanyaan 1
    Apa saja hambatan dalam komunikasi bisnis?
    1. Hambatan Komunikasi Teknis
    2. Hambatan Komunikasi Semantik
    3. Hambatan Komunikasi Manusiawi
    4. Hambatan Komunikasi terkait Kultur Perusahaan

    1. Hambatan Komunikasi Teknis
    Hambatan teknis ini dipengaruhi oleh kondisi lingkungan teknis yang menimbulkan hambatan pada arus komunikasi. Sehingga komunikasi yang dibangun menjadi tidak efektif dan efisien.


    2. Hambatan Komunikasi Semantik
    Hambatan dalam komunikasi semantik adalah hambatan yang terjadi dalam proses penyampaian informasi dari pengirim kepada si penerima.


    3. Hambatan Komunikasi Manusiawi
    Hambatan komunikasi berikutnya adalah hambatan yang bersifat manusiawi. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang miliki latar belakang, usia, pendidikan, dan pengalaman masing-masing.


    4. Hambatan Komunikasi terkait Kultur Perusahaan
    Kultur perusahaan juga dapat berpengaruh pada munculnya hambatan berkomunikasi. Kultur perusahaan yang terbentuk secara tidak langsung dapat membuat komunikasi tidak efektif dan efisien.


     pertanyaan 2
    Bagaimana suatu komunikasi dapat dikatakan efektif dalam komunikasi bisnis?
    Komunikasi efektif terjadi apabila pesan yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi. Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan.

     pertanyaan 3
    mengapa komunikasi bisnis dapat mendukung dalam membangun sebuah bisnis?
    Melalui komunikasi bisnis yang bagus maka akan terjalin kerjasama bisnis yang bagus di antara pelaku usaha baik skala nasional maupun internasional. Di era teknologi digital ini komunikasi bisnis antar pelaku usaha jauh lebih mudah dilakukan melalui berbagai platform dan media yang canggih.

     pertanyaan 4
    Faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan suatu komunikasi?
    Keberhasilan dalam berkomunikasi dipengaruhi beberapa faktor, yaitu: komunikator, komunikan, pesan, media, dan konteks.


     pertanyaan 5
    Berikan contoh kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diakibatkan oleh perbedaan latar belakang dan perbedaan penafsiran kata-kata!

    1. Persepsi Selektif
    2. Proses Pengiriman Pesan yang Kompleks
    3. Permasalahan pada Saluran Komunikasi
    4. Perbedaan dalam Menafsirkan Kata
    5. Perbedaan Sikap dan Perilaku
    6. Perbedaan Pola Pikir

    BalasHapus
  4. Nama : Nanda Refi Selviani
    Nim : 211702013
    Prodi : Manajemen bisnis Syariah (semester 4)
    Jawaban nomor 1 : Hambatan komunikasi
    Pengertian Hambatan Komunikasi
    Hambatan komunikasi adalah segala bentuk gangguan yang terjadi dalam proses penyampaian serta penerimaan pesan antar individu, yang umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan fisik, maupun psikis dari individu yang terlibat.
    1. Hambatan Komunikasi Teknis => Hambatan dalam komunikasi yang bersifat teknis ini mencakup ketersediaan fasilitas komunikasi, peralatan, teknologi, dan jaringan yang dibutuhkan
    2. Hambatan Komunikasi Semantik => adalah hambatan yang terjadi dalam proses penyampaian informasi dari pengirim kepada si penerima
    3. Hambatan Komunikasi Manusiawi => setiap orang miliki latar belakang, usia, pendidikan, dan pengalaman masing-masing. Hal tersebut dapat memberikan pengaruh pada persepsi, pemahaman, serta daya tangkap saat mengirim maupun menerima informasi.
    4. Hambatan Komunikasi terkait Kultur Perusahaan
    =>
    Kultur perusahaan yang terbentuk secara tidak langsung dapat membuat komunikasi tidak efektif dan efisien.
    Jawaban no 2 :
    Komunikasi efektif terjadi apabila pesan yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi.
    untuk melaksanakan upaya komunikasi yang efektif. perusahaan perlu berfokus pada beberapa poin berikut :

    1. Menyediakan informasi yang praktis. memberi penerima pesan informasi yang berguna. Baik untuk membantu memberikan tindakan yang diharapkan maupun untuk menjelaskan perauran perusahaan.

    2. Memberikan fakta daripada kesan-kesan yang kurang jelas. gunakan bahasa yang kuat, mendetail, dan informasinya jelas, meyakinkan, akurat, dan etis. dan meskipun banyak opini yang dilayangkan, perusahaan dapat menggunakan bukti untuk mendukung keputusan perusahaan

    3. Sajikan informasi yang ringkas, dan dengan cara yang efisien. pesan yang ringkas menunjukan bahwa perusahaan sangat menghargai waktu yang dimiliki para penerima pesan dan akan meningkatkan kemungkinan akan mendapat umpan balik yang positif.
    4. Memperjelas harapan dan kewajiban. menyusun pesan yang spesifik untuk penerim pesan tertentu. ketika sudah waktunya, maka jelaskan apa yang diharapkan dari si penerima pesan tersebut atau apa yang perusahaan dapat lakukan untuk penerima pesan tersebut.

    5. Menawarkan argumen dn rekomendasi yang menarik dan persuasif. menunjukan pada para pembaca bagaimana mereka akan memperoleh keuntungan dengan memberi respon yang perusahaan harapkan.

    Maka, dengan penjelasan diatas dapat ditarik garis besar bahwa komunikasi bisnis yang efektif dapat dilakukan dengan memperhatikan lima poin penting seperti kepraktisan, faktual, ringkas, jelas, dan bersifat mengundang/mengajak.

    BalasHapus
  5. Nama : Takwa Adi Saputra
    NIM : 211702010
    Prodi : Manajemen Bisnis Syariah
    Semester : 4



    Jawaban. 1 Hambatan Komunikasi

    1. Hambatan Komunikasi Teknis
    Kendala teknis dapat menjadi penyebab munculnya hambatan komunikasi bisnis. Hambatan teknis ini dipengaruhi oleh kondisi lingkungan teknis yang menimbulkan hambatan pada arus komunikasi. Sehingga komunikasi yang dibangun menjadi tidak efektif dan efisien, bahkan bisa terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi.

    2. Hambatan Komunikasi Semantik
    Hambatan komunikasi selanjutnya disebut dengan hambatan semantik. Hambatan dalam komunikasi semantik adalah hambatan yang terjadi dalam proses penyampaian informasi dari pengirim kepada si penerima.

    3. Hambatan Komunikasi Manusiawi
    Hambatan komunikasi berikutnya adalah hambatan yang bersifat manusiawi. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang miliki latar belakang, usia, pendidikan, dan pengalaman masing-masing. Hal tersebut dapat memberikan pengaruh pada persepsi, pemahaman, serta daya tangkap saat mengirim maupun menerima informasi.

    4. Hambatan Komunikasi terkait Kultur Perusahaan
    Kultur perusahaan juga dapat berpengaruh pada munculnya hambatan berkomunikasi. Kultur perusahaan yang terbentuk secara tidak langsung dapat membuat komunikasi tidak efektif dan efisien.

    Jawaban 2 Komunikasi Efektif
    Komunikasi bisnis yang efektif adalah proses mendengar dan berbicara dua arah, dan pentingnya dalam semua fase kehidupan bisnis sehari-hari di perusahaan dan organisasi. Rasa saling menghormati dalam komunikasi bisnis adalah salah satu komponen terpenting yang harus diterapkan.

    1. Perencanaan
    2. Bersikap Profesional Tanpa Membawa Perasaan
    3. Bersikap Taktis dan Efisien
    4. Tindak Lanjut
    5. Menjadi Pendengar yang Baik
    6. Komunikasi Bisnis yang Efektif Membutuhkan Usaha

    Jawaban 3 mengapa komunikasi bisnis dapat mendukung dalam membangun sebuah bisnis?

    Melalui komunikasi bisnis yang bagus maka akan terjalin kerjasama bisnis yang bagus di antara pelaku usaha baik skala nasional maupun internasional. Di era teknologi digital ini komunikasi bisnis antar pelaku usaha jauh lebih mudah dilakukan melalui berbagai platform dan media yang canggih.
    Pada dasarnya komunikasi bisnis dapat mendukung Dalam membangun sebuah bisnis yang membedakan adalah ruang lingkup dan tujuan. Berikut 6 unsur komunikasi bisnis:

    1. Narasumber
    Yakni orang yang ingin menyampaikan pesan atau orang yang menginformasikan pesan pada pihak lain.

    2. Informasi
    Merupakan isi pesan yang disampaikan bisa berupa ide, gagasan, pendapat, keputusan, dan lain-lain.
    3. Media
    Merupakan sarana yang digunakan untuk mengirimkan informasi bisa secara langsung menggunakan mulut atau secara tidak langsung menggunakan tulisan hingga pesan elektronik dan media sosial.
    4. Penerima
    Yang dimaksud dengan penerima adalah orang yang menerima pesan dari narasumber.

    5. Feedback
    Merupakan sebuah proses di mana penerima pesan memahami maksud dan isi pesan yang disampaikan oleh narasumber.

    6. Noise
    Terkait hal-hal bising yang bisa menyebabkan adanya miskomunikasi karena pesan tidak tersampaikan dengan baik.

    Jawaban 4 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan dalam Komunikasi Bisnis
    1. Menyediakan informasi yang praktis
    2. Memberikan fakta daripada kesan-kesan yang kurang jelas
    3. Sajikan informasi yang ringkas, dan dengan cara yang efisien.
    4. Memperjelas harapan dan kewajiban
    5. Menawarkan argumen dn rekomendasi yang menarik dan persuasif.

    Jawaban 5 Berikan contoh kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diakibatkan oleh perbedaan latar belakang dan perbedaan penafsiran kata-kata!
    Latar belakang yang berbeda seperti asal usul daerah pendidikan,dan usia juga mempunyai pengertian atau pemahaman yang berbeda, orang membedakan pengertian roti dan kue, sedangkan di daerah lainnya, arti dua kata tersebut persis dan dapat dipertukarkan.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Nama: Khazatus Saniyah
    NIM: 211702016
    Prodi: Manajemen Bisnis Syariah
    Semester: 4

    Jawaban 1. Hambatan komunikasi bisnis
    Hambatan komunikasi adalah segala bentuk gangguan yang terjadi di dalam proses penyampaian serta penerimaan pesan antar individu, yang umumnya disebabkan oleh faktor lingkungan, fisik, maupun psikis dari individu yang terlibat.
    1. Hambatan Teknis. Hambatan yang berupa keterbatasan fasilitas serta peralatan komunikasi. Contoh: perkembangan teknologi yang tidak merata, dan kerusakan alat komunikasi.
    2. Hambatan Semantik. Hambatan yang terjadi saat penyampaian informasi dari komunikator kepada si penerima informasi.
    3. Hambatan Manusiawi. Karena setiap manusia memiliki daya tangkap, pendidikan, usia, pengalaman pribadi masing-masing yang dapat memengaruhi pemahaman, persepsi dan daya tangkap saat mengirim atau menerima informasi.
    4. Hambatan Komunikasi Terkait Kultur Perusahaan. Kultur perushaan dan struktur organisasi yang rumit dapat membuat komunikasi tidak efektif dan efisien.
    Jawaban 2. Komunikasi Efektif
    Komunikasi efektif terjadi apabila pesan yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi.
    Untuk melaksanakan komunikasi yang efektif perlu di lakukan upaya-upaya berikut:
    1. Perencanaan. Merencanakan apa yang akan kita sampaikan sangat penting dilakukan untuk mendapatkan perhatian penerima pesan. Jika maksud dan tujuan tidak disampaikan dan dipahami dengan cepat, maka kita akan kehilangan audiens.
    2. Bersikap Profesinal Tanpa Membawa Perasaan. Urusan bisnis tidak boleh ditafsirkan sebagai tujuan pribadi. Sangat penting memisahkan orang dari masalahnya untuk memaksimalkan pesan yang akan disampaikan.
    3. Bersikap Taktis dan Efisien. Bersikap taktis dalam pengiriman pesan sangat penting dilakukan, karena kalau tidak pesan yang ingin disampaikan bisa hilang ketika peserta menari kesimpulan sendiri.
    4. Tindak Lanjut. Sangat penting untuk menawarkan beberapa jenis tindak lanjut di akhir komunikasi.
    5. Menjadi Pendengar yang Baik. Memberi kesempatan bagi orang lain untuk berpendapat didalam sebuah forum. Dengan demikian, akan tercipta suasana atau lingkungan yang kreatif dan kolaboratif serta mampu menguak potensi baru dalam dunia bisnis.
    6. Komunikasi Bisnis yang Efektif Membutuhkan Usaha. Luangkan waktu untuk mendapatkan komunikasi yang efektif.
    Jawaban 3. Mengapa komunikasi bisnis dapat mendukung dalam membangun sebuah bisnis.
    Tentu saja erat kaitannya dengan apa yang menjadi tujuan dari bisnis itu sendiri. Ada 4 fungsi komunikasi bisnis, yaitu informasi, persuasi, kolaborasi, dan integrasi.
    Dengan adanya komunikasi bisnis, terdapat berbagai tujuan berikut:
    1. Memberikan informasi Bisnis pada pihak lain. Contoh: lowongan kerja di media sosial atau media cetak.
    2. Meyakinkan atau membujuk pihak lain. Tujuannya adalah agar apa yang disampaikan bisa lebih mudah dipahami oleh target bisnis dengan tepat.
    3. Membantu kerjasama antar pelaku bisnis. Di era digital sekarang jauh lebih mudah melakukan komunikasi bisnis antar pelaku usaha melalui berbagai platform dan media canggih lainnya.

    Berikut pentingnya komunikasi bisis:
    1. Membangun kerjasama yang lebih baik
    2. Mencegah konflik
    3. Meningkatkan pelayanan pelanggan
    4. Mencapai tujuan dan kesuksesan
    5. Kreatif dan inovatif
    6. Membangun prospek karir

    BalasHapus
  8. Jawaban 4. Faktor yang memengaruhi keberhasilan komunikasi bisnis.
    Efektfitas komunikasi bisnis dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:
    1. Persepsi. Komunikator harus dapat memprediksi pesan yang disampaikan dapat diterima dngan baik atau tidak.
    2. Teknologi informasi dan komunikasi. Adanya proses integrasi informasi yang menyangkut ketersediaan komunikasi yng tepat.
    3. Ketepatan. Komunikator perlu mengeksprsikan hal yang ingin disampaikan sesuai dengan kerangka pikir audiens.
    4. Kredibilitas. Komunikatr perlu memiliki suatu keyakinan bahwa informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan.
    5. Pengadilan. Ketika audiens memberikan umpan balik. Hal ini harus diantisipasi dan dikendalikan oleh komunikator agar tidak melencng dari target komunikasi yang diharapkan.
    6. Kecocokan. Komunikstor yang baik selalu dapat menjaga hubungan yang menyenangkan dengan audiens.
    Dengan demikian perusahaan akan mendapat hasil berikut apabila komunikasi bisnis berjalan efektif:
    a. Mempercepat penyelesaian masalah.
    b. Memperkuat pengambilan keputusan.
    c. Meningkatkan profesionalisme.
    d. Memberikan respon yang positif terhadap stakeholder.
    e. Meningkatkan produktifitas.
    f. Memperkuat hubungan bisnis.

    Jawaban 5. Contoh kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diakibatkan oleh perbedaan latarbelakang dan perbedaan penafsiran kata-kata.
    Perbedaan latar belakang, suku, bahasa, budaya, pendidikan dan pengalaman besosialisasi dengan berbagai macam orang sangat berpengaruh dalam komunikasi bisnis.
    Contoh: Seorang manajer yang berasal dari Madura sedang berbincang dengan beberapa karyawan yang berasal dari Jawa, ketika sedang berbincang nada bicara manajer tersebut seperti orang marah, sehingga bebrapa karyawan menyangka sang manajer sedang marah kepada mereka. Padahal memang nada bicara orang Madura yang sedikit lebih keras dibanding orang Jawa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengontrak Rumah: Fleksibel Bebas Beban, Ciptakan Hidup Sesuai Keinginanmu!

Evaluasi Portofolio dan Strategi Investasi Jangka Panjang

Kuasai Dunia Informasi: Pentingnya Memahami Riset untuk Pemula!