10 Hal penting untuk investor (kelas pasar modal)

pasar modal

10 Hal Penting untuk Investor (Kelas Pasar Modal)

Pengetahuan tentang pasar modal masih kurang dipahami oleh para pelaku bisnis. Khususnya pada pebisnis pemula, mereka perlu memahami benar apa itu investai dan bagaimana cara melakukannya. Beberapa kiat investasi telah banyak dibahas di media online, jadi kamu dapat segera mencari infonya dengan lebih detail. Adakah cara yang mudah untuk memahami apa sebenarnya investasi pada pasar modal itu? 

1. Investasi jangka pendek

Terkadang kamu tidak tahu bahwa selama ini kamu sudah melakukan investai melalui cara menabung di bank. Iya kan....? Bahkan tidak sedikit dari kamu yang memiliki tabungan tidak hanya dari satu bank saja namun mungkin 2 atau 3 bank. Mengapa menabung disebut investasi jangka pendek? sebab banyak tujuan dari menabung untuk target atau tujuan jangka pendek, yakni supaya uang pendapatan kamu tidak cepat habis maka kamu sisakan untuk di tabung. Lalu keuntungan menabung di bank apa? banyak keuntungannya selain aman, menabung di bank juga memudahkan nasabah untuk menyetor atau mengambil kapan saja. Kekurangan dari menabung di bank, bila kamu shoping holic maka justru malah cepat habis karena kerap digunakan untuk membayar belanja online dan  tidak nyadar uang kamu berkurang cukup signifikan. 

2. Investasi jangka panjang

Beda dengan menabung di bank, berinvestasi di pasar modal ini membutuhkan ketelatenan dan kesabaran, karena pola investasinya berbeda ketika kamu menabung di bank. Ada sih, menabung di bank yang termasuk investasi jangka panjang  yakni deposito. Sedangkan di pasar modal yang kamu tabung itu berupa saham. Jadi kamu membeli saham dari salah satu perusahaan  lalu kamu akan mendapatkan keuntungan di kemudian hari saat nilai saham tadi melonjak. Selisih harga itulah yang menjadi keuntungannya.

3. Memeperdalam Pengetahuan Investasi

Pada kelas pasar modal dan investasi prodi MBS dan PS Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBI) Al Muhsin Yogyakarta, saya akan memuliannya dengan menggunakan informasi awal 10 hal penting untuk investor. Sebagai pemula, sebelum melakukan investasi kamu perlu untuk memperdalam pengetahuan tentang investasi dan pasar modal terlebih dahulu. Jangan tergiur dengan nilai keuntungan saja yang didapat namun juga resiko yang harus ditanggung. Untuk itu silahkan gali pengetahuan kamu melalui kuis berikut ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mengontrak Rumah: Fleksibel Bebas Beban, Ciptakan Hidup Sesuai Keinginanmu!

Evaluasi Portofolio dan Strategi Investasi Jangka Panjang