Panduan Matakuliah SIM Bank Syariah

 Panduan Matakuliah SIM Bank Syariah

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Panduan Matakuliah SIM Bank Syariah

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah  keahlian dan ketrampilan wajib dengan bobot 3 SKS guna memberikan wawasan pemahaman dan penguasaan kepada mahasiswa tentang sistem informasi manajemen. Selain itu untuk menjabarkan ide dan gagasan yang ada dalam penyelesaian masalah dalam suatu organisasi sehingga dapat mendukung dalam pengambilan keputusan, khususnya dalam dunia perbanka syariah. Metode pembelajaran pada kelas ini menggunakan berbasis proyek.

Sistem penilaian

-Mahasiswa wajib hadir paling lambat 15 menit dari ketentuan jadwal yang disepakati

-Pengumpulan Tugas dan Praktikum harus sesuai jadwal

-75% kehadiran baik Offline/Online

-Berpakaian sopan

Komponen Penilaian

- Tugas praktikum 40%

- Uji Kompetensi 30%

- Sikap dan tata nilai 20%

- Kehadiran 10%

Materi Perkuliahan

Minggu 1-4

Minggu 3-4

· Pengantar Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer

Sistem Informasi Manajemen (SIM) berbasis komputer adalah suatu SIM yang menempaktkan perkakas pengolah data berbentuk komputer dalam kedudukan yang sentral dan sangat penting.(1)Penerapan sistem informasi manajemen berbasis komputer pada dasarnya sangat memudahkan para pegawai untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas ataupun pekerjaannya tanpa harus membutuhkan waktu yang lama, biaya serta tenaga yang besar.(2). Dengan adanya system informasi ini maka data-data dari waktu yang lama pun tentunya akan tersimpan dan terekam dengan baik sehingga dapat dicari lagi di kemudian hari untuk berbagai kebutuhan. Proses pencarian data yang cepat ini tentunya sangat menghemat waktu dan membantu organisasi dalam mengelola semua informasi (3).

· Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Keunggulan kompetitif

Melalui penggunaan teknologi informasi telah menciptakan peluang strategis bagi perusahaan untuk menawarkan layanan produk yang cepat, responsir serta berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan (4). Sistem informasi membantu perusahaan bersaing dengan mempertahankan harga yang rendah, membedakan barang dan jasa, berfokus pada peluang pasar, memperkuat hubungan dengan pelanggan dan pemasok, meningkatkan batasan entri pasar dengan tingkat operasional yang sangat baik (5). Salah satu contoh keunggulan kompetitif adalah customer service atau pelayanan konsumen yang ramah, responsif, dan memuaskan. Ada lebih banyak konsumen yang setia pada satu merek produk atau toko karena sangat puas dengan pelayanan yang diberikan(6)

Minggu 5-8

· Model Sistem Umum Perusahaan

Model sistem umum  pada perusahaan  adalah dimana penyerdahanaan objek, yang terdiri dari berbagai jenis model  yang digunakan oleh perusahaan  beserta kegunaan model  itu sendiri yang mempengaruhi juga di perusahaan  agar mempermudah pengertian, komunikasi, dan memperkirakan masa depan (7)

Terdapat 4 model system umum perusahaan yaitu; model fisik, naratif, grafik, dan matematis. Pembuatan model bertujuan untuk memecahkan masalah dalam perusahaan, mempermudah komunikasi, dan meperkirakan masa depan perusahaan (8)

· SIM Dalam Area Fungsional Perusahaan

Manfaat menggunakan sistem informasi manajemen adalah memudahkan pihak manajemen dalam melakukan perencanaan, pengarahan, dan pengawasan dari jalannya bisnis (9)

Ada beberapa jenis Sistem Informasi Fungsional yaitu :
  • Sistem Informasi Akuntansi.
  • Sistem Informasi Keuangan.
  • Sistem Informasi Manufaktur.
  • Sistem Informasi Pemasaran.
  • Sistem Informasi Sumber Daya Manusia.
  • Enterprise Resource Planning (ERP)
  • Customer Relationship Management (CRM) (10)
  • EMBAMetodologi Siklus Hidup Sistem perbankan syari‘ah

LEMBAR  KERJA MAHASISWA ( SIKLUS HIDUP SISTEM PERBANKAN SYARIAH

Mahasiswa membuat makalah tentang siklus hidup sistem perbankan syariah secara mandiri (individu dan dikumpulkan minggu berikutknya Kirim Tugas

Minggu 9-12

· Tahap Penerapan Sistem Dalam Perspektif syari‘ah

· Sistem Informasi Keuangan syari‘ah

· Sistem Informasi SDM

Minggu 13-16

· SIM dan Pemecahan Masalah

· Sistem Pendukung Keputusan

· Sistem Otomatisasi Kantor



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mengontrak Rumah: Fleksibel Bebas Beban, Ciptakan Hidup Sesuai Keinginanmu!

Evaluasi Portofolio dan Strategi Investasi Jangka Panjang