Ujian Akhir Semester Genap Tahun Akademik Genap 2021/2022 Komunikasi Bisnis
SEKOLAH TINGGI EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
STEBI AL MUHSIN YOGYAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2021/2022
****
UJIAN AKHIR SEMESTER SEMESTER GENAP
KOMUNIKASI BISNIS
***
Petunjuk Mengerjakan Soal!
1. Berdoalah sebelum mulai mengerjakan soal-soal!
2. Bacalah dengan teliti sebelum menjawab
3. Jawaban ditulis pada form yang tersedia pada blog ini dengan cara
a. Menuliskan nama, nim
b. Menuliskan jawaban secara berurutan dari nomor 1-9
4. Soal dikerjakan mulai Pukul 13.00 wib s/d 14.30 wib
c. Dengan Menginput jawaban pada KOLOM KOMENTAR
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1. Bagaimana komunikasi itu bekerja?
2. Langkah-langkah utama apa yang dilakukan dalam mengembangkan program komunikasi bisnis yang efektif?
3. Siapa yang bertanggungjawab atas perencanaan komunikasi bisnis?
4. Apakah tujuan komunikasi bisnis itu?
5. Jika sebagian audiens tidak memiliki kesadaran pada produk / jasa yang dikomunikasikan, apa yang sebaiknya komunikator lakukan.
6. Jika sebagian audiens sudah sadar akan produk atau jasa yang dikomunikasikan namun mereka belum mengetahui lebih banyak, apa yang sebaiknya komunikator lakukan.
7. Jika sebagian audiens sudah memiliki pengetahuan akan produk atau jasa yang dikomunikasikan namun mereka tetap tidak menyukainya, apa yang sebaiknya komunikator lakukan.
8. Bagaimana cara membangun citra perusahaan?
9. Selama masa kejayaannya pada tahun 1930an sampai dengan tahun 1960an, Thom menjual sepatu yang berkualitas baik dengan harga yang murah dan merupakan merek terlaris di Amerika. Namun konsumen tahun 2000an menganggap sepatau merek Thom sebagai sepatu yang membosankan , jelek dan kuno. Walau orang menyatakan masih menyukai merek Thom, namun pembeli membeli merek sepatu lainnya. Dengan penjualan yang hanya berjumlah 275juta menurun dari 440juta pada tahun sebelumnya. Jelaskan bagaimana cara memperbaiki citra perusahaan tersebut!
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusJawaban UAS Matkul Komunikasi bisnis 2022
BalasHapusNama : Fitri Mufidatur Rizkia
Nim : 2009158
Prodi : Management Bisnis Syariah (Smestr 4)
Jawaban:
1.Komuniikasi dapat terjadi / bekerja apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan. Oleh sebab itu, komunikasi bergantung pada kemampuan kita untuk dapat memahami satu dengan yang lainnya. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.
2 a. Perencanaan
b. Bersikap Profesional Tanpa Membawa Perasaan
c.Bersikap Taktis dan Efisien
d. Tindak Lanjut
e. Menjadi Pendengar yang Baik
f. Komunikasi Bisnis yang Efektif Membutuhkan Usaha
3. Management Perusahaan
4. Tujuan komunikasi bisnis secara umum adalah memberi informasi, mempersuasi, serta melakukan kolaborasi. Sama seperti bentuk komunikasi lainnya, komunikasi bisnis bisa dilakukan secara verbal, baik lisan maupun tulisan, dan nonverbal.
5. Menjelaskan ulang dengan lebih perlahan dan dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti. Bisa juga dengan menambahkan " bila ada yang masih kurang dimengerti anda bisa hubungi cs kami".
6. Melanjutkan penjelasan dengan menambahkan deskripsi yang lebih terperinci.
7. Berusaha meyakinkan audiens tentang keuntungan atau benefit yang didapat dari membeli barang atau jasa yang di sediakan. Hingga para audiens menjadi yakin untuk membeli barang atau jasa tersebut.
8.
A.Utarakan nilai dan visi perusahaan sedari awal.
B. Jalin interaksi dari jauh-jauh hari.
C. Jadikan karyawan Anda sebagai brand ambassador untuk bangun citra perusahaan.
D.Bangun citra perusahaan dengan luncurkan event besar.
E.Jangan alergi terhadap feedback.
F. Bangun kultur perusahaan yang baik.
G.Bangun citra perusahaan di dunia maya.
9. Melakukan penambahan jenis sepatu yang lebik kekinian hingga tetap bisa bersaing dipasaran, mempertahankan kesetabilan harga agar tetap murah tapi tidak mengurangi kualitas, serta merubah cara publikasi produk menjadi lebih kekinian.
Nama : Thowilatul Qolbi
BalasHapusNim. : 2009166
Matkul : Komunikasi bisnis
1. Cara kerja komunikasi adalah dengan cara menyampaikan pesan atau informasi yang baik dan benar, secara efektif yang disampaikan dari individu atau perangkat satu ke perangkat lainnya.
2.Mengidentifikasi Audiens Sasaran, Komunikator pemasaran harus mulai mengenal audiens sasarannya, Menentukan Tujuan Komunikasi. Setelah pasar dan karakteristiknya di identifikasi, komunikator merancang pasar, memilih Saluran Komunikasi, menentukan total anggaran promosi, menentukan Bauran Promosi, dan mengukur Hasil Promosi.
3. Seorang manajer
4. Tujuan utamanya itu ya pasti untuk memberi informasi, kolaborasi antar perusahaan atau bisnis lainnya.
5. Mengganti gaya komunikasi yang lebih menarik dan asik agar mengambil perhatian para audien, otomatis jika perhatian audien sudah kita dapat, kita akan mudah untuk membujuk atau mempromosikan produk/jasa yang kita komunikasikan.
6.memberi penjelasan yang lebih detail mengenai produk atau jasa yang kita komunikasikan agar audien lebih paham atau bisa juga mengulang penjelasan yg sudah kita jelaskan agar tidak timbul pertanyaan.
7. Jika usaha sudah dilakukan tapi para audien tidak tertarik maka kembali ke hak masing-masing audien, atau bisa juga dengan mengganti produk atau jasa agar lebih kekinian dan menarik audien.
8. Bangun citra perusahaan dengan luncurkan event besar, sering menjalin interaksi, bangun kultur perusahaan yang baik.
9. Dalam berbisnis tentunya harus ada inovasi-inovasi baru, mungkin perusahaan sepatu thom ini harus lebih mendesain sepatu nya agar lebih kekinian mengikuti zaman dg begitu pelanggan akan kembali tertarik.
Nama: Dian Ika Praptiningrum
BalasHapusNIM: 2009156
Semester:4
1. komunikasi bekerja dengan cara: yang pertama menjadi pendengar yang baik. yang kedua perhatikan bahasa tubuh mislanya, agar bisa melihat lebih percaya diri jangan melihat saat berbicara. yang ketiga sampaikanlah pesan dengan efektif maksudnya saat berkomunikasi penyampaian pesan yang efektif juga sangat perlu diperhatikan agar lawan bicara bisa mengerti apa yang ingin kita sampaikan baik itu diucapkan secara langsung atau mengirim pesan lewat teks menghindari berbicara atau mengirim pesan dengan bahasa yang berbelit-belit. Hal tersebut dapat membuat pesan yang ingin Anda sampaikan tidak mudah oleh lawan bicara. Jadi, supaya kamu bisa melakukan komunikasi yang efektif, perlu melihat dulu apa pesan yang ingin disampaikan. yang keempat perankan kesan ramah kepada lawan bicara Misalnya, menanyakan kabarnya, berbicara dengan nada dering, hingga memberinya senyuman. yang kelima fleksibel saat berkomunikasi Misalnya, jika lawan bicaramu adalah orang yang sensitif dan mudah digunakan, sehingga sulit untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang lugas dan kasar.
menurut bovee dan thill dalam purwanto proses komunikasi terdiri dari 6 tahap yaitu: pengirim mempunyai suatu ide dan gagasan, pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan, pengirim menyampaikan pesan, penerima pesan, penerima menafsirkan pesan, dan terakhir penerima memberi tanggapan.
2. langkah-langkah pengembangan komunikasi yang efektif:
a. Mengidentifikasi Khalayak Sasaran Seorang komunikator pemasaran harus mulai bekerja dengan khalayak sasaran yang jelas.
b. Menentukan Tujuan Komunikasi Apabila khalayak sasaran dan ciri-cirinya sudah diketahui, komunikasi pemasaran harus menentukan tanggaan apa yang dikehendaki.
c. Merangsang Pesan Setelah menentukan tanggapan khalayak yang diinginkan, komunikator bergerak untuk menyusun pesan yang efektif.
d. Menyeleksi Saluran-saluran Komunikasi Komunikator harus menyeleksi saluran-saluran komunikasi yang efisien untuk membawakan pesan.
e. Menetapkan Jumlah Anggaran Promosi Salah satu masalah pemasaran yang paling sulit adalah mengukur berapa besarnya biaya promosi.
f. Memilih Bauran Komunikasi Perusahaan harus mendistribusikan biaya promosi total pada 4 sarana yaitu iklan, promosi penjualan, publisitas dan wiraniaga.
g. Mengukur Hasil-hasil Promosi Setelah melaksanakan rencana promosi, komunikator harus mengukur dampaknya pada khalayak sasaran.
h. Mengelola dan mengkoordinasi Proses Komunikasi Pemasaran Komunikasi pemasaran yang terkoordinasi akan lebih konsisten menciptakan “makna” perusahaan bagi pembeli dan publik.
3. seorang manajer
4. Tujuan komunikasi paling utama adalah kegiatan bisnis. Itu artinya hubungan dengan rekan bisnis terbangun dengan baik dan keuntungan yang bisa didapatkan. Secara etimologis komunikasi berasal dari bahasa Latin “communicare” yang memiliki arti yaitu “menyampaikan”.
5. dengan cara memulai presentasi Anda “why”. Ya, mulailah presentasi Anda dengan terlebih dahulu memaparkan mengapa Presentasi Anda layak Mereka Dengarkan? Mengapa Presentasi Anda penting Untuk mereka? Apa manfaatnya bagi mereka.
6. Nyatakan dengan percaya diri bagaimana audiens mendapat manfaat dari presentasi Anda. Sekarang Anda sudah tahu tantangan utama audiens Anda, pastikan Anda dapat menunjukkan kepada mereka bagaimana produk atau ide Anda dapat menyelesaikan masalah mereka dan membuat hidup mereka menjadi lebih mudah.
7. yang harus dilakukan komunikator yah tetap berusaha bagaimana caranya agar audiens menjadi tertarik terhadap produk kita, kalopun cara itu tetap tidak bisa membuat tertarik pada produk kita yah sudah pasrah karena semua tergantung masing-masing audiens.
8. dengan cara memiliki komunitas,menfaatkan dunia digital, aktivitas public relations, dan membuat kartu nama.
9. yang harus dilakukan oleh thon adalah membuat produk-produk baru yang menarik sehingga pelanggan makin tertarik agar tidak membosankan dan diubah marketing dalam bisnisnya agar terlihat lebih tertarik oleh pelanggan.
Nama: Asti Asmaodiawati
BalasHapusNIM: 2009155
Prodi: MBS smt 4
1.) Bagaimana komunikasi itu bekerja?
- Berkomunikasi dengan jelas
Harus bisa selalu berbicara dengan jelas dan terarah agar rekan kerja atau anggota tim bisa memahami apa yg kamu butuhkan.
- Jadilah pendengar yang terlibat
Menjadi pendengar yang terlibat berarti tidak hanya memahami kata-kata dan emosi yang disampaikan pembicara, namun juga membantu lawan bicara tersebut merasa didengar dan dipahami.
- Tegas, jujur dan terbuka
Ketegasan dapat menghasilkan komunikasi yang lebih jelas dan membantu kamu dalam meningkatkan rasa percaya diri serta kemampuan mengambil keputusan.
- Perhatikan komunikasi nonverbal
Komunikasi nonverbal dapat membantu dalam mengekspresikan diri, terhubung dengan orang lain, mengidentifikasi situasi yang menantang dan membangun yang lebih baik di tempat kerja.
- Pilih medium komunikasi yang tepat
Agar setiap komunikasi di berbagai medium tetap efektif. Pikirkan apakah medium yang akan digunakan sudah tepat dan dapat mendukung pesan tersampaikan dengan efektif.
- Gunakan kecerdasan emosional
Salah satu kunci komunikasi efektif di tempat kerja adalah kecerdasan emosional, yang dapat merujuk pada kemampuan melihat, memahami, mengekspresikan dan mengelola emosi.
2.) Langkah-langkah utama yang dilakukan dalam mengembangkan program komunikasi bisnis yang efektif?
- Mengidentifikasi audiens yang dintuju
Audiens itu dapat terdiri dari individual, kelompok, masyarakat tertentu atau masyarakat umum.
- Menentukan tujuan komunikasi tersebut
Komunikator pemasaran harus memutuskan tanggapan yang diharapkan dari audiens.
- Merancang pesan
Idealnya, pesan itu harus menarik perhatian (attention), mempertahankan ketertarikan (interest), membangkitkan keinginan (desire), dan menggerakan tindakan (action).
- Memilih saluran komunikasi: saluran komunikasi personal dan saluran komunikasi nonpersonal.
- Menentukan total anggaran proosi
- Membuat keputusan atas bauran promosi (marketing mix)
- Mengukur hasil promosi
- Mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran terintegrasi
3.) Seorang komunikator > Manajer perusahaan
4.) Tujuan komunikasi bisnis: bertukar informasi terkait apa yang ingin diketahui sebuah perusahaan atau organisasi. Biasanya melibatkan dua perwakilan atau lebih yang berperan sebagai komunikator dan seorang komunikan.
5.) Yang harus komunikator lakukan: Memberikan penjelasan ulang terkait produk / jasa yang mereka tawarkan secara lebih detile sehingga mudah di mengerti oleh para audiens.
6.) Yang harus komunikator lakukan: Mendeskripsikan/menjabarkan tentang produk atau jasa apa saja yang mereka tawarkan.
7.) Yang harus komunikator lakukan: Membujuk audiens untuk memilih produk atau jasa yang di tawarkan, dengan cara memberi penjelasan tentang keunggulan-keunggulan produk/jasa yang ditawarkan.
8.) Bagaimana cara membangun citra perusahaan?
Dengan cara: memengaruhi efektivitas pemasaran, dan mendorong penjualan, Membangun nama baik perusahaan, Membangun identitas karyawan, Memengaruhi investor dan lembaga-lembaga keuangan, Membangun hubungan baik terhadap komunitas, pemerintah, maupun tokoh masyarakat, dan Memiliki posisi dalam sebuah persaingan bisnis.
9.) Yang harus dilakukan oleh thom yaitu tetap menjual produk/barang berkualitas yang masih di sukai oleh para konsumen, dan membuat produk baru sesuai perkembangan zaman, sehingga para konsumen tidak bosan dengan produk atau barang yang thom jual.
1.Komunikasi adalah suatu bentuk penyampaian informasi, baik itu gagasan, ide, perintah, bahkan perasaan. Intinya komunikasi itu menghubungkan sesuatu yang terputus menjadi nyambung, sesuatu yang kabur menjadi jelas. Jika komunikasi jelas, maka informasi atau tindakan yang dihasilkan juga menjadi jelas.
BalasHapus2.Paling tidak, ada enam hal yang harus diperhatikan dalam mengkomunikasikan pesan kepada calon pelanggan agar persepsi mereka dapat cepat terbentuk.
- Buat pesan anda sesederhana mungkin
- Fokuskan pada gaya hidup mereka
- Tekankan pada nilai yang ditawarkan
- Ceritakan pengalaman orang lain
- Gunakan kalimat yang menyentuh emosi
- Terus lakukan komunikasi
3. Yang berjabatan Manajer perusahaan
4. Adapun tujuan dari dilakukannya komunikasi bisnis terdiri dari beberapa hal berikut ini.
- Memberikan Informasi Bisnis pada Pihak Lain
- Meyakinkan atau Membujuk Pihak Lain
- Membantu Kerjasama Antar Pelaku Bisnis
5. Sesuaikanlah bahasa tubuh dengan kata-kata yang di disampaikan. Misalnya, tampilkanlah antusiasme dalam ekspresi wajah ketika menyampaikan pesan presentasi. Antusiasme itu menular. Artinya bahwa jika tampil antusias, maka audiens pun juga akan tertular antusiasmenya.
Selain itu, kita perlu berbicara dengan volume suara yang lebih keras untuk menunjukkan pesan yang penting atau ketika suasana lebih tenang dibutuhkan, kita dapat berbicara dengan volume sedikit lebih kecil.
6. Meskipun audiens sudah sedikit tau dengan produknya, kita tetap harus meruntut dalam menjelaskannya hingga ke rincian yang lebih detail.
7. Sebaik apapun komunikasinya ada saja yang tidak suka pada akhirnya, jika begitu kita tak perlu memaksakan keputusan audiens , mungkin kita bisa coba di lain waktu secara berkala untuk mendapatkan minat mereka lebih banyak.
8. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan citra perusahaan untuk menjadi lebih baik lagi.
- Bangun Budaya Perusahaan
- Jalin Interaksi Positif
- Jadikan Karyawan Sebagai Brand Ambassador
- Terima Feedback
- Kelola Karyawan dengan Baik
9. Pada interaksi jual beli akan ada titik jenuh yang harus di antisipasi, misalnya dengan memproduksi varian design lain untuk menambah opsi atau pilihan konsumen.
Jawaban UAS Matkul KOMUNIKASI
BalasHapus1. Komunikasi merupakan suatu bentuk penyampaian informasi, baik itu gagasan, ide, perintah, bahkan perasaan. Komunikasi menghubungkan sesuatu yang terputus menjadi tersambung dan sesuatu yang kabur menjadi jelas. Jika komunikasi jelas maka informasi atau tindakan yang dihasilkan juga menjadi jelas.
2. Ada enam hal yang harus diperhatikan dalam mengkomunikasikan pesan kepada calon pelanggan agar persepsi mereka dapat cepat terbentuk.
- Buat pesan anda sesederhana mungkin
- Fokuskan pada gaya hidup mereka
- Tekankan pada nilai yang ditawarkan
- Ceritakan pengalaman orang lain
- Gunakan kalimat yang menyentuh emosi
- Terus lakukan komunikasi
3. Yang berjabatan Manajer perusahaan
4. Adapun tujuan dari dilakukannya komunikasi bisnis terdiri dari beberapa hal berikut ini;
- Memberikan Informasi Bisnis pada Pihak Lain
- Meyakinkan atau Membujuk Pihak Lain
- Membantu Kerjasama Antar Pelaku Bisnis
5. Sesuaikanlah bahasa tubuh dengan kata-kata yang di hpsampaikan. Misalnya, tampilkanlah antusiasme dalam ekspresi wajah Anda ketika Anda menyampaikan pesan presentasi. Antusiasme itu menular. Artinya bahwa jika Anda tampil antusias, maka audiens pun juga akan tertular antusiasme Anda.
Selain itu, Anda perlu berbicara dengan volume suara yang lebih keras untuk menunjukkan pesan yang penting atau ketika suasana lebih tenang dibutuhkan, Anda dapat berbicara dengan volume sedikit lebih kecil.