Pengendalian Manajemen Strategik pertemuan 12 tgl 06.06.2022





Pekuliahan pertemuan ke 12 tanggal 06.06.2022

Pengendalian Manajemen strategik perlu dilakukan sebagai upaya kontrol terhadap kinerja perusahaan apakah melenceng dari tujuan utama ataukah sudah pada jalur yang sudah di tetapkan oleh perusahaan baca selengkapnya

Setelah memperoleh pengetahuan tentang pengendalian manajemen strategik, maka ada tugas untuk dikerjakan mahasiswa diantaranya adalah:

1. Mahasiswa mencari sumber penelitian berupa sebuah perusahaan ( bisa dicari di internet saja)

2. Mahasiswa mencari tahu, temukan dan catat :

    a. falsafah perusahaan

    b. misi perusahaan

    c. tujuan perusahaan

    d. strategi perusahaan

3. Apa yang menjadi keunggulan perusahaan tersebut dan apa yang menompang sistem pengendalian tersebut?

Tulis jawabannya mu di konlom komen dari blog ini. Jangan lupa beri nama prodi dan semester 

Komentar

  1. Nama : Yahya Zamzami (1909135)
    Prodi : Perbankan Syariah
    Semester : 6
    Mata Kuliah : Manajemen Strategi

    A. PENENTUAN FALSAFAH PERUSAHAAN
    Falsafah perusahaan yang biasa disebut kredo adalah nilai-nilai yang harus ditanamkan pada setiap hati dan tingkah laku karyawan. Falsafah perusahaan dikembangkan karena perusahaan kadang-kadang mendapatkan masalah untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Gobel yang dikenal sebagai pelopor industri elektronik Indonesia (merk Nasional & Panasonic) dalam menjalankan usahanya senantiasa berpegang pada falsafah “pohon pisang”. Alasannya : Pertama, batang pohon pisang walaupun dipangkas berkali-kali ia akan tetap tumbuh kembali sebelum berbuah. Kalau sudah berbuah (yang dapat dimakan oleh manusia atau makluk hidup lain) barulah pohon pisang akan mati. Kedua, sebelum pohon pisang mati terlebih dahulu membentuk tunas baru untuk menggantinya. Jadi ada regenerasi. Ketiga, pohon pisang hidup berkelompok, tidak menyendiri. Ini mencerminkan kebersamaan. Keempat, pohon pisang dapat dimanfaatkan hampir seluruhnya, dari akar hingga daun, pucuk dan buahnya. Daunnya untuk bungkus, batangya bisa dimakan, pelepah untuk tali, pucuk untuk sayur, dan buah untuk dimakan. Semua bermanfaat, tidak ada yang terbuang.
    Sedangkan perusahaan Jepang yang menjadi mitra Gobel yaitu Matsushita memilih “air” menjadi falsafahnya. Alasannya: air ada dimana-mana dan diperlukan setiap insan, air mengalir ke tempat yang lebih rendah. Artinya produk perusahaan tersebut harus memenuhi kebutuhan masyarakat kecil. Falsafah air mengalir membawa konsekuensi pemerataan pendapatan bagi karyawan. Mc Donald’s menjadi populer dengan falsafah bisnisnya yaitu: kualitas, pelayanan, kebersihan, dan nilai.


    BalasHapus
    Balasan
    1. B. PENENTUAN MISI PERUSAHAAN
      Dalam misi terkandung filosofi bisnis dari pengambil keputusan strategik perusahaan yang menyiratkan citra yang ingin dipancarkan perusahaan, mencermikan konsep diri perusahaan serta memberikan indikasi bidang usaha atau jasa utama perusahaan serta kebutuhan utama pelanggan yang akan dipenuhi oleh perusahaan.
      Pernyataan misi menunjukkan :
      “What is our business”
      “What do we do best in that business”
      Oleh karena itu pernyataan misi sebaiknya tentang :
      - Definisi perusahaan dan aspirasinya
      - Terbatas untuk menghindari venture dan cukup luas untuk pertumbuhan kreatif
      - Berbeda nyata dengan organisasi lain
      - Sebagai framework evaluasi aktivitas saat ini dan aktivitas prospektif
      - Jelas dan dimengerti oleh seluruh anggota organisasi
      Komponen pernyataan misi menyangkut ;
      - Pelanggan -Filosofi
      - Produk atau Jasa -Konsep Diri
      - Pasar -Public Image
      - Teknologi -Karyawan
      - Pertumbuhan yang survival
      Menurut King dan Cleland, sasaran misi perusahaan adalah :
      1. Memastikan kesamaan tujuan (purpose) dalam organisasi.
      2. Menjadi landasan untuk memotivasi pemanfaatan sumber daya organisasi.
      3. Mengembangkan landasan untuk pengalokasian sumber daya organisasi.
      4. Menetapkan warna umum iklan organisasi, misalnya mengisyaratkan operasi yang
      bersifat bisnis (businesslike operation).
      5. Berfungsi sebagai titik fokus bagi mereka yang sepakat dengan tujuan umum
      (purpose) dan arah organisasi serta menghalangi mereka yang tidak sepakat dengan
      tujuan umum agar tidak lagi melibatkan diri dengan kegiatan-kegiatan organisasi.
      6. Memudahkan penerjemahan sasaran dan tujuan ke dalam suatu struktur kerja yang
      mencakup penetapan tugas kepada elemen-elemen yang bertanggung jawab dalam
      organisasi.
      7. Menegaskan tujuan utama (purpose) organisasi dan perwujudan tujuan-tujuan umum
      itu menjadi tujuan yang lebih spesifik, sehingga parameter biaya, waktu, dan kinerja
      dapat ditetapkan dan dikendalikan.

      Hapus
    2. C. PENENTUAN TUJUAN DAN SASARAN PERUSAHAAN
      Agar mudah diimplementasikan, makavisi dan misi tersebut perlu dijabarkan menjadi tujuan perusahaan. Tujuan perusahaan adalah bagaimana sumber daya, kapabilitas, dan kompetensi inti akan digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam lingkungan yang kompetitif.
      Tujuan perusahaan yang utama adalah kelangsungan hidup (survive), pertumbuhan (growth), dan keuntungan (profitability) serta mampu memenuhi harapan pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder). Stakeholder (Hitt, dkk, 2001) adalah individu-individu dan kelompok-kelompok yang dapat mempengaruhi, dan dipengaruhi oleh hasil-hasil strategik yang diperoleh dan yang memiliki klaim-klaim yang dapat diharapkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
      Setiap badan usaha umumnya memiliki tingkatan dalam mencapai tujuan yang bergantung kepada prioritasnya baik dinyatakan secara eksplisit maupun implisit. Adapun tingkatan tujuan organisasi adalah sebagai berikut :
      Tujuan tingkat inti strategik atau visi pemasaran mengacu pada konsep jangka panjang mengenai apa yang ingin diraih organisasi di pasar dalam hal produk, pelanggan, dan teknologi.
      Dorongan strategik dan program investasi yang mengacu kepada komitmen investasi produkdan investasi yang akan dilakukan atau direncanakan oleh perusahaan untuk merealisasikan niat atau visinya dalam kurun waktu tiga sampai dengan lima tahun ke depan.
      Sasaran yang mengacu kepada tujuan yang mentranformasikan pendorong strategik ke dalam program-program tindakan. Dalam sasaran ini cenderung akan merinci hasil yang ingin dicapai dan merupakan target umum.
      Tujuan operasi yaitu target jangka pendek yang hendak dicapai dan biasanya dalam satu tahun.

      Tujuan membantu proses koordinasi tindakan-tindakan dan kegiatan organisasi serta memotivasi anggota organisasi dan merasionalisasikan tindakan organisasi secara keseluruhan. Tujuan harus dikomunikaskan kepada seluruh anggota organisasi sehingga semuanya terlibat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
      Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam penentuan tujuan perusahaan. Menururt George A. Steiner prinsip-prinsip dalam penentuan tujuan :
      Sesuai / cocok (suitable)
      Layak / dapat dicapai (feasible / achievable)
      Dapat diukur (measurable)
      Lentur / fleksibel (flexible)
      Memotivasi (motivating)
      Dapat dimengerti (understandable)
      Terkait (linkage)
      Tujuan yang masih luas / umum perlu diterjemahkan menjadi tujuan yang lebih spesifik sehingga bisa menjadi dasar untuk mengelola organisasi atau perusahaan. Dengan demikian, perlu dijabarkan menjadi ukuran-ukuran kinerja pada unit, grup, tim, atau individu dalam organisasi. Misalnya: perusahaan mempunyai tujuan meningkakan penjualan sebesar 15 % selama 6 tahun. Maka itu perlu dirinci menjadi lebih jangka pendek dan lebih operasional.
      Sasaran atau objektif sebaiknya bersifat : lebih
      Lebih spesifik dari tujuan 6. Menantang
      Dapat diukur 7. Dapat dicapai
      Dapat dikuantifikasi 8. Mengintegrasi seluruh unit
      Realistis 9. Mempunyai batas waktu
      Dapat dipahami
      Contoh sasaran adalah pertumbuhan penjualan, pertumbuhan asset, profitabilitas, produktivitas, dan inovasi. Antisipasi isu-isu strategik (misalnya): Jumlah dan kualitas sumber daya, jenis dan level kompetensi.

      D. Strategi Perusahaan
      Strategi perusahaan adalah satu kesatuan rencana perusahaan yang komprehensif dan terpadu yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan. kekuatan dan kelemahan perusahaan, sehingga dapat disusun kekuatan strategi perusahaan.

      Sumber Penelitian : Aji Fitriyan Hidayat
      Web : https://www.edukasikini.com/2018/10/penentuan-visi-misi-falsafah-dan-tujuan.html

      Terimakasih Mohon Maaf Bila Ada Kesalahan.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mengontrak Rumah: Fleksibel Bebas Beban, Ciptakan Hidup Sesuai Keinginanmu!

Evaluasi Portofolio dan Strategi Investasi Jangka Panjang