Matkul Komunikasi Bisnis tgl 16 Maret 2022
DASAR-DASAR KOMUNIKASI
Untuk mencapai sebuah tujuan organisasi perlu memperhatikan bagaimana cara berkomunikasi dalam bisnis. Secara mendasar cara komunikasi dibedakan menjadi dua, yakni komunikasi Verbal dan Non-verbal. Seringkali komunikasi verbal dilakukan dalam kegiatan sehari-hari secara lisan dan tulisan. Kegiatan ini dapat berbentuk laporan, memo, rapat dll. Sedangkan komunikasi Non-verbal adalah bahasa yang tidak menggunakan lisan dan tulisan, termasuk bahasa tubuh atau body languange, simbol, ekpresi wajah, lambang perusahaan atau logo warna dll. Proses komunikasi mencangkup lima hal yang dianggap penting yakni, memiliki ide atau gagasan, mengubah ide tersebut ke dalam bentuk pesan, bagaimana cara menyampaikan pesan, siapa yang menerima pesan, penafsiran pesan, dan feedback. Persepsi lawan bicara, keteparan penyampaian, kredibilitas penyampaian pesan, dan kemampuan mengendalikan pesan merupakan cara dalam mengatasi kesalahpahaman komunikasi.
Dari uraian singkat di atas silahkan anda jawab pertanyaan di bawah ini, jawaban ini ditulis pada KOLOM KOMENTAR pada blog ini, jangan lupa sisipkan nama dan nim anda, terima kasih!
1. Apakah keuntungan menggunakan komunikasi Verbal?
2. Apakah keuntungan menggunakan komunikasi Non verbal?
3. Sebutkan masalah yang seringkali muncul dalam kesalahpahaman komunikasi!
4. Bagaimana cara memperbaiki komunikasi?
5. Dalam pergaulan sehari-hari ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa berkomunikasi dengan sesama Gender lebih lancar dari pada berbicara dengan lawan jenis atau Gender dan ada pula yang berpendapat sebaliknya, Bagaimana pendapat anda?
Nama: Asti Asmaodiawati
BalasHapusProdi: Manajemen Bisnis Syariah
Sm: 4
1.Keuntungan menggunakan komunikasi verbal yaitu, komunikasi ini dapat disampaikan
melalui tulisan maupun lisan. Komunikasi verbal dapat
digunakan untuk membahas
kejadian masa lalu, ide atau
abstaksi. Dan komunikasi menggunakan kata-kata akan lebih mudah
dikendalikan daripada dengan
menggunakan bahasa isyarat tubuh atau
ekspresi wajah.
2. Keuntungan menggunakan komunikasi non verbal yaitu, suatu penyampaian pesan yang lebih efisien dibanding pesan verbal, perasaan dan emosi saat berkomunikasi lebih mudah disampaikan. Menyampaikan makna dan maksud yang relatif bebas dari penipuan, distorsi, dan kerancuan. Sehingga pesan non verbal memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kebenaran pesan-pesan yang disampaikan. Dan mempunyai fungsi metakomunikatif yang sangat diperlukan untuk mencapai komunikasi yang berkualitas tinggi.
3. Masalah yang sering muncul akibat kesalah fahaman komunikasi yaitu: kehilangan kepercayaan, kinerja tidak maksial, suatu pekerjaan jadi berantakan, dan proses bisnis berantakan.
4. Cara memperbaiki komunikasi yaitu, dengan presepsi
, ketepatan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan/keserasian.
5. Menurut saya, komunikasi dengan sesama gender atau dengan lawan jenis itu tetgantung kepada masing-masing orang dalam melakukan komunikasi, karena walaupun kita berkomunikasi dengan sesama gender kalau cara komunikasi kita tidak cukup baik maka tidak akan lancar.
Mohon maaf apabila ada kesalahan
Sekian dan terima kasih🙏🏻😊
Nama : Dian Ika Praptiningrum
BalasHapusProdi : Manajemen Bisnis Syari'ah
Semester : 4
1. keuntungan menggunakan komunikasi verbal, yaitu: komunikasi dapat disampaikan melalui tulisan maupun lisan, komunikasi verbal dapat digunakan untuk membahas kejadian masa lalu, ide atau abstaksi, komunikasi ini menggunakan kata-kata akan lebih mudah dikendalikan daripada dengan menggunakan bahasa isyarat (gerakan badan/tubuh) atau ekpresi wajah, selain itu komunikasi verbal spesifik mengarahkan tujuan yang jelas, komunikasi verbal spesifik dapat membangun kepercayaan, komunikasi verbal spesifik dapat menghemat waktu dan uang.
2. keuntungan menggunakan komunikasi non verbal, yaitu: perasaan dan emosi lebih cermat disampaikan lewat pesan nonverbal ketimbang pesan verbal, pesan nonn verbal menyampaikan makna dan maksud yang relatif bebas dari penipuan, distori, dan kerancuan selain itu, komunikasi nonverbal ini mempunyai fungsi metakomunikatif yang sangat diperlukan untuk mencapai komunikasi yang berkualitas tinggi, komunikasi nonverbal merupakan sarana sugesti yang paling tepat, memberi sifat, melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal.
3.Masalah yang sringkali muncul dalam berkomunikasi yaitu, perbedaan kepribadian, cara komunikasi yang buruk, perbedaan sudut pandang antara komunikator dan komunikan, tidak mau mendengarkan, tidak mau merespon dengan baik, memotong pembicaraan, merasa selalu benar, dll.
4. cara memperbaiki komunikasi yaitu, dengan cara persepsi, ketepatan, kredibilitas, pengendalian, dan kecocokan/keserasian.
5. menurut saya, berkomunikasi dengan sesama gender atau pun dengan lawan jenis itu tergantung masing-masing orangnya. ada yang lebih suka berkomunikasi dengan sesama jenis, maka dia akan merasa lebih lancar, karena merasa bahwa mereka itu sama. misalnya sama-sama perempuan, ada juga yang lebih suka mengobrol dengan lawan jenis, maka dia merasa komunikasinya lebih hidup, karena jika berbeda jenis, misalnya perempuan dengan laki-laki, maka mereka pasti memiliki banyak perbedaan. mulai dari gaya hidup dan pola pikir mereka masing-masing. sehingga bisa bertukar pendapat mereka dengan lawan jenis. itulah yang menjadikan kumunikasinya lebih hidup.
hanya itu yang bisa saya jawab, mohon maaf apabila ada kesalahan.
sekian dan terimakasih.