Manajemen sumber daya manusia tanggal 23 Maret 2022

 Analisis Pekerjaan dan Perencanaan SDM

Dalam pertemuan ini akan dibahas mengenai prencanaan sdm, termasuk analisis karakteristik tenaga kerja hambatannya. Perlu adanya perancangan sistem untuk memperoleh dan meningkatkan SDM yang di harapkan untuk perusahaan kita. Beberapa proses perencanaan SDM juga memberikan celah untuk analisis jabatan dan metode analisis jabatan. Yang paling penting adalah pendeskripsian pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan. berikut saya sampaikan  slide ppt didownload

DISKUSI:

1. ADAKAH HUBUNGAN MANAJEMEN SDM DAN MANAJEMEN STRATEGIS?

2. BUATLAH KONSEP PERENCANAAN SDM BAGI PERUSAHAAN ANDA

JAWABAN DI TULIS DI KOLOM KOMENTAR SEBAGAI NILAI MINGGUAN, TERIMA KASIH

JANGAN LUPA UNTUK MENGISI DAFTAR HADIR JUGA DI LINK YANG TERSEDIA.


Komentar

  1. Nama : Dian Ika Praptiningrum
    Prodi : Manajemen Bisnis Syari'ah
    Semester : 4

    Jawab:

    1. Ada hubungan antara manajamen SDM dengan Manajemen Strategis. Keberhasilan proses manajemen strategi bergantung pada sejauh apa fungsi manajemen SDM dilibatkan. Terkait dengan dengan proses perumusan strategi, keterlibatan peran manajemen SDM bervariasi tingkatannya seuai dengan tingkat integrasi atau hubungan antara fungsi perencanaan strataegi dan fungsi SDM. Terdapa 4 hubungan antara fungsi perencanaan strategi dan fungsi manajemen SDM, yaitu:
    Pertama, ada hubungan administratif yang mana tingkat integrasi yang rendah, perhatian manajemen SDM fokus pada aktivitas sehari-hari, terpisah dengan unsur proses manajemen strategi. Kedua, ada hubungan satu arah yang mana rencana strategi diinformasikan kebagian manajemen SDM, sehingga Manajemen SDM berperan untuk merancang sistem-sistem atau program-program yang mendukung penerapan rencana strategi. Ketiga, ada hubungan dua arah yang mana masalah-masalah dan dampak-dampak terhadap SDM dipertimbangkan dalam proses perumusan rencana strategi. fungsi perencanaan strategi dan manajemen SDM saling bergantung pada hubungan dua arah dengan 3 langkah, yaitu: perencanaan strategi diinformasikan kegiatan manajemen SDM, manajemen SDM berfungsi menganalisa masalah dan dampak dari rencana strategi tersebut terhadap SDM untuk kemudian menginformasikannya kebagian perencanaan strategi, dan tim perencanaan strategi membuat keputusan strategi dan menginformasikan kebagian manajemen SDM untuk kemudian mengembangkan sistem-sistem atau program-prgram yang mendukung penerapan rencana strategi. Dan yang Keempat itu hubungan integratif yang mana bersifat dinamis dan berinteraksi terus-menerus dalam berbagai aspek. fungsi manajemen SDM dibangun langsung kedalam proses perumusan rencana strategi dan pelaksanaan strategi. Ada hubungan antara manajemen SDM dan manajemen strategis yang mana ada tujuannya yaitu untuk menghasilkan kemampuan strategis yang dapat memastikan bahwa organisasi memiliki karyawan terampil, bersedia terlibat dan termotivasi dalam rangka mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan.

    2. konsep perencanaan SDM bagi perusahaan saya, karena disini saya mau buka usaha pakaian yaitu BG Clothes. Yang pertama ada job analysis, dalam memilih karyawan saya tidak dapat sembarangan saja. tentunya saya akan memilih karyawan dengan syarat wanita lulusan SMA dengan umur maksimal umur 30 tahun,jujur, gercep atau gerak cepat, mempunyai pengalaman bekerja , jika belum ada pengalaman kerja yang penting ada kemauan untuk belajar. saya akan memilih manajer di bidang pemasaran dan keuangan, dalam hal ini saya akan menggunakan orang internal atau kerabat dekat saya karena bagi saya lebih dapat dipercaya jika mengemban tugas yang saya berikan. syaratnya juga harus memiliki sikap yang jujur, ulet dan memiliki kelakuan yang baik. untuk membangun toko pakaian BG Clothes ini, saya membutuhkan arsitektur ruangan agar peminat konsumen menjadi banyak. contohnya saat ini remaja paling suka dengan ruangan yang mengikuti trend ala korea dan trend-trend yang menarik atau aestetic, arsitek dapat mendesain dengan tulisan yang menarik pada dinding. Yang Kedua ada Job Description, jadi pembagian tugas kerja menurut jabatan yang telah ditetapkan. sebagai seorang manajer pemasaran berfungsi mengatur barang yang masuk dan keluar, memasarkan barang secara online, dan mencari produk baru sesuai dengan minat konsumen saat ini. manajer keuangan atau kasir akan berfungsi untuk mencatat barang yang telah laku dalam pemasaran, mencatat pengeluaran uang dan pemasukkan uang. karyawan berfungsi untuk merapihkan pakaian dan melayani konsumen ketika memilih pakaian.

    mungkin cukup sekian jawaban dari saya...
    mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan...
    terimakasih...

    BalasHapus
  2. Nama: Asti Asmaodiawati
    NIM: 2009155
    Prodi: MBS sm 4

    1. SDM berperan dalam penentuan arah strategis perusahaan yang sudah dijadikan mitra strategis. Ditandai oleh hubungan yang dinamis dan inter aktif antar fungsi-fungsi SDM dan perencanaan strategis. Di sini manajer SDM dipandang sebagai sebenar-benarnya mitra bisnis staregis dan dilibatkan dalam keputusan yang strategis.

    2.Konsep perencanaan SDM perusahaan, dalam perusahaan saya yaitu "Rumah donat", disini saya tentunya sebagai Director dan saya membutuhkan para karyawan yang bertugas untuk membantu proses perkembangan usaha saya, disini saya membutuhkan: 1) karyawan sebagai pembuat adoanan dan penggoreng, 2) karyawan dalam bidang marketing yaitu mempromosikan produk kepada masyarakat secara online melalui medsos ataupun dengan membuat poster spanduk dan lainnya, 3) Karyawan yang bertugas sebagai administrasi/kasir, untuk menginput data penjualan yang keluar, 4) Karyawan sebagai , untuk membersihkan .

    Kemungkinanm akan ada penambahan karyawan sesuai perkembangan perusahan saya. Sehingga struktur SDM dalam perusahaan saya akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan.

    Dalam pemilihan karyawan sendiri tentunya saya tidak sembarangan, perlu ketelitian dalam memilihnya, dan tentunya sya memilih karyawan yang jujur, amanah, disiplin, cekatan, kreatif dan inovatif, kenapa saya memilih karyawan yang kreatif dan inovatif? Itu karena dalam usaha saya yaitu "Rumah donat" tidak terus menerus seperti itu, perlu kekreatifan dalam membuat produk yang saya produksi, agar para konsumen yang datang tidak bosan untuk menikmatinya..


    Mungkin itu yang dapat saya jawab,, selebihnya mohon maaf apabila ada kekurangan.

    Sekian dan terima kasih🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  3. Kekurangan,,

    4) Karyawan sebagai Cleaning service, untuk membersihkan setiap sudut dari Rumah Donat. 🙏🏻😁

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mengontrak Rumah: Fleksibel Bebas Beban, Ciptakan Hidup Sesuai Keinginanmu!

Evaluasi Portofolio dan Strategi Investasi Jangka Panjang