KOMUNIKASI BISNIS PTM 4



 

KOMUNIKASI BISNIS PTM 4

Salam, 

Untuk pertemuan minggu KE EMPAT , teman-teman saya ajak untuk memahami beberapa konsep dan materi pokok tentang PESAN bisnis, namun jangan lupa untuk  absen terlebih dahulu ya klik absen

Namun teman-teman harus memenuhi prasyarat membaca materi KETIGA terlebih dahulu sebelum mempelajari materi minggu ke 4 ini  BACA JUGA :PERETEMUAN MINGGU 3

1. KOMPETENSI DASAR

   a.  Memahami Pembuatan beberapa Pesan Bisnis

    1.a. INDIKATOR

    Mahasiswa dapat menjelaskan cara pembuatan pesan rutin, pesan berita baik, pesan berita baik dan buruk, pesan persuasive, pesan penjualan dan pesan tagihan.

2. MATERI POKOK

a. Pesan rutin 

    Membuat permintaan/request adalah suatu kegiatan rutin di dalam bisnis. Di dalam kebanyakan kasus, audiens akan mengikuti permintaan kita selama perntaan tersebut masih masuk akal dan tidak memeinta sesuatu yang bisa dilakukan oleh diri sendiri...selengkapnya.

Pengorganisasian permintaan pesan rutin dan good news dalam dunia bisnis menggunakan metode langsung. Menorganisasikan dan menulis pesan rutin dan good news merupakan bagian penting komunikasi yang efektif...selengkapnya.

b. Pesan berita baik 

Para pelaku bisnis telah banyak melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan dan menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan, klien, karyawan/ pegawai dan masyarakat pada umumnya. Disamping itu, mereka juga mengirimkan pesan-pesan good will kepada karyawan, klien dan masyarakat pada umumnya..selengkapnya.

c. Pesan berita buruk 

Tiga langkah proses menulis untuk hal pesan yang negatif maupun positif...selengkapnya. 
Pesan negatif / buruk (bad news) adalah pesan yang mempunyai dampak kurang menyenangkan bagi audiens.  Pesan negatif lazimnya disusun dengan pendekatan tidak langsung (induktif), tetapi dapat juga dengan pendekatan langsung pesan negatif

d. Pesan persuasif 

Persuasi adalah upaya yang dilakukan untuk mengubah atau menguatkan sikap, kepercayaan, atau perilaku seseorang. Sebuah pesan persuasi dibangun berdasarkan teknik-teknik argumentasi agar khalayak yakin dan bersedia melakukan tindakan sesuai dengan harapan pengirim pesan. Proses pembuatan pesan persuasif dalam komunikasi bisnis terjadi melalui beberapa proses yaitu perencanaan pesan persuasif, penyusunan pesan persuasif, dan melengkapi pesan persuasif...selengkapnya.

Di dalam suatu organisasi, pesan-pesan persuasif dimaksudkan untuk menjual ide/gagasan kepada orang lain, memberi saran agar prosedur operasional lebih efisien, mengumpulkan suatu dukungan untuk kegiatan tertentu, dan untuk meminta bantuan dana bagi pembiayaan suatu proyek tertentu...selengkapnya

e. Pesan penjualan 

Media merupakan sarana efektif  untuk berkomunikasi kepada konsumen. Pesan penjuan kepada konsumen dapat dilakukan dengan menyebarluaskan iklan...selengkapnya.

f. Pesan tagihan

Dewasa ini, contoh surat tagihan pembayaran ada bermacam-macam. Bentuknya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Karena mudah dibuat, setiap orang bisa membuatnya sendiri sesuai dengan keinginan mereka.selengkapnya.

3. DISKUSI

    A. PERTANYAAN DISKUSI

    1. Buatlah contoh pesan berita baik!

    2. Buatlah contoh pesan berita buruk!

    3. Buatlah contoh pesan persuasif!

    4. Buatlah contoh pesan penjualan!

    5. Buatlah contoh pesan tagihan!

    Pesan disampaikan kepada seluruh mahasiswa STEBI AL MUHSIN YOGYAKARTA

    LEMBAR JAWAB DISKUSI PTM 4

    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengontrak Rumah: Fleksibel Bebas Beban, Ciptakan Hidup Sesuai Keinginanmu!

Evaluasi Portofolio dan Strategi Investasi Jangka Panjang

Kuasai Dunia Informasi: Pentingnya Memahami Riset untuk Pemula!