KOMUNIKASI BISNIS PTM 4
KOMUNIKASI BISNIS PTM 4
Salam,
Untuk pertemuan minggu KE EMPAT , teman-teman saya ajak untuk memahami beberapa konsep dan materi pokok tentang PESAN bisnis, namun jangan lupa untuk absen terlebih dahulu ya klik absen
Namun teman-teman harus memenuhi prasyarat membaca materi KETIGA terlebih dahulu sebelum mempelajari materi minggu ke 4 ini BACA JUGA :PERETEMUAN MINGGU 3
1. KOMPETENSI DASAR
a. Memahami Pembuatan beberapa Pesan Bisnis
1.a. INDIKATOR
Mahasiswa dapat menjelaskan cara pembuatan pesan rutin, pesan berita baik, pesan berita baik dan buruk, pesan persuasive, pesan penjualan dan pesan tagihan.
2. MATERI POKOK
a. Pesan rutin
Membuat permintaan/request adalah suatu kegiatan rutin di dalam bisnis. Di dalam kebanyakan kasus, audiens akan mengikuti permintaan kita selama perntaan tersebut masih masuk akal dan tidak memeinta sesuatu yang bisa dilakukan oleh diri sendiri...selengkapnya.
Pengorganisasian permintaan pesan rutin dan good news dalam dunia bisnis menggunakan metode langsung. Menorganisasikan dan menulis pesan rutin dan good news merupakan bagian penting komunikasi yang efektif...selengkapnya.
b. Pesan berita baik
c. Pesan berita buruk
d. Pesan persuasif
Persuasi adalah upaya yang dilakukan untuk mengubah atau menguatkan sikap, kepercayaan, atau perilaku seseorang. Sebuah pesan persuasi dibangun berdasarkan teknik-teknik argumentasi agar khalayak yakin dan bersedia melakukan tindakan sesuai dengan harapan pengirim pesan. Proses pembuatan pesan persuasif dalam komunikasi bisnis terjadi melalui beberapa proses yaitu perencanaan pesan persuasif, penyusunan pesan persuasif, dan melengkapi pesan persuasif...selengkapnya.
Di dalam suatu organisasi, pesan-pesan persuasif dimaksudkan untuk menjual ide/gagasan kepada orang lain, memberi saran agar prosedur operasional lebih efisien, mengumpulkan suatu dukungan untuk kegiatan tertentu, dan untuk meminta bantuan dana bagi pembiayaan suatu proyek tertentu...selengkapnya
e. Pesan penjualan
Media merupakan sarana efektif untuk berkomunikasi kepada konsumen. Pesan penjuan kepada konsumen dapat dilakukan dengan menyebarluaskan iklan...selengkapnya.
f. Pesan tagihan
Dewasa ini, contoh surat tagihan pembayaran ada bermacam-macam. Bentuknya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Karena mudah dibuat, setiap orang bisa membuatnya sendiri sesuai dengan keinginan mereka.selengkapnya.
3. DISKUSI
A. PERTANYAAN DISKUSI
1. Buatlah contoh pesan berita baik!
2. Buatlah contoh pesan berita buruk!
3. Buatlah contoh pesan persuasif!
4. Buatlah contoh pesan penjualan!
5. Buatlah contoh pesan tagihan!
Pesan disampaikan kepada seluruh mahasiswa STEBI AL MUHSIN YOGYAKARTA
Komentar
Posting Komentar